Selasa, 24 Maret 2015

fakta menarik tentang tidur siang

Fakta Menarik Tentang Tidur Siang

        fakta menarik tidur siang oleh Kesehatan SegiEmpat
Banyak ahli yang menyarankan untuk tidur siang. Hal ini karena kegiatan tersebut memiliki begitu banyak manfaat. Tidak hanya menghilangkan rasa kantuk, tidur siang juga bisa membuat pikiran dan fisik menjadi lebih segar dan bugar.

Tapi banyak orang yang justru sakit kepala atau semakin mengantuk setelah tidur siang. Namun Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa fakta tidur siang yang akan membantu Anda untuk mendapatkan tidur siang yang lebih menyenangkan dan juga akan membuat Anda merasa lebih segar.

Berikut ini adalah beberapa fakta menarik tentang tidur siang:

Waktu yang Paling Tepat

Untuk mendapatkan tidur yang menyenangkan, sebaiknya Anda mengetahui waktu yang paling tepat untuk tidur. Adapun waktu yang paling tepat adalah 6 jam sejak Anda bangun tidur di pagi hari. Pada saat ini, siklus sirkadian tubuh yang memberikan rasa mengantuk serta mengatur berbagai siklus biologis lain dari tubuh akan berada pada titik yang paling rendah. Pada titik ini, kemampuan otak untuk bekerja sudah mulai berkurang, suhu inti tubuh menurun serta metabolisme melambat. Hal inilah yang menjadi saat yang paling tepat untuk tidur siang sehingga Anda bisa kembali memulihkan kondisi tubuh.

Durasi Paling Ideal
Para ahli menyarankan kalau durasi tidur siang paling ideal adalah selama 90 menit. Selama 90 menit ini, seseorang sudah melewati semua tahapan yang penting dalam tidur. Salah satu tahapan yang penting itu adalah Rapid Eye Movement atau REM.

Anda Harus Tetap Tidur Walau Tidak Mengantuk

Beberapa orang mungkin tidak mengantuk di siang hari sehingga dia akan lebih sulit untuk tidur siang. Namun ada baiknya jika Anda berbaring dan memejamkan mata, setidaknya selama 20 menit. Meskipun Anda tidak tidur, namun cara ini akan membuat Anda merasa lebih segar dan bugar. Dengan begitu, maka konsentrasi Anda akan kembali meningkat.

Mengapa Pusing Ketika Terbangun

Seringkali banyak orang yang pusing atau sakit kepala saat baru bangun siang. Hal ini karena waktu tidurnya yang terlalu lama. Ketika seseorang tidur terlalu lama berarti dia berarti masih berada pada fase tidur gelombang pendek. Jika Anda sering mengalami ini, maka sebaiknya Anda tidur siang selama 15 menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar