Kamis, 20 November 2014

cara mengatasi sebuah rambut

Bagaimana kerusakan mengganggu keindahan rambut dari Pantene

Apa yang membuat rambut rusak? Pada intinya, semua hal dapat merusak rambut. Rambut yang rusak terjadi karena kombinasi dari perawatan yang salah. Akibatnya, kultikel rambutpun layu--dan lalu rusak perlahan sampai ke batang rambut. Kerusakan ini akhirnya hinggah di korteks yang mengakibatkan kerusakan kortes. Rambut rontok dan kerusakan rambut yang terlihatpun terjadi.
Tanda tanda rambut rusak yang paling dapat terlihat adalah rambut bercabang. Ini adalah kondisi umum dimana rambut bercabang terjadi di bagian kultikel yang terbelah, memperlihatkan korteks didalamnya. Belahan ini akan menembus batang rambut, dan apabila kasus rusaknya rambut dalam tahap berat, korteks rambut akan mencuat keluar.
Banyak sekali tanda-tanda rambut rusak, namun, ada beberapa jenis kerusakan rambut. Apa sih penyebabnya?

Rambut yang terpapar bahan kimia

Pewarna dan pelurus rambut memang sangat menyenangkan untuk dicoba ketika kita ingin mengganti tampilan kita. Tapi proses ini dapat menyebabkan rambut rusak.
Pewarna dan pelurus rambut adalah 2 hal yang dapat merusak rambut, Mereka dapat mengubah bentuk dambut dan memecah struktur rambut dan rangkaian rambut ke bentuknya yang baru--menstabilkan lalu menetralkan bentuk yang telah diubah. Ini adalah seubah proses yang mengubah bentuk rambut selamanya.
Pewarna rambut dapat merusak rambut dengan cara mempenetrasi kultikel dan akhirnya menembus ke dalam tahap korteks, yang merusak F-layer.

Rambut rusak karena sinar matahari

Sinar matahari memang penting untuk kehidupan, tapi sinar mataharipun dapat menghilangkan hidupnya rambutmu dalam seketika. Sinar ultraviolet dalam paparan langsung mengakibatkan kerusakan rambut satu level seperti bleach, dan akhirnya merusak protein keratin dalam rambut. Ini juga menghasilnkan warna-warna yang lebih muda pada rambut yang diwarna. Ini dapat menjadi masalah yang besar, khususnya pada rambut yang diwarna. Bila kamu memutuskan untuk berpantai atau berjemur dibawah sinar matahari, topi adalan solusi yang baik (dan fashionable) untuk melindungi rambutmu.

Rambut rusak: Kerusakan tiap harinya

Rambut pada aslinya kuat dan dapat bertahan dari segala macam ancaman, tapi ia dapat rusak karena penyisiran yang berlebihan, terutama ketika dalam kondisi basah atau kusut. Sisir yang terbuat dari metal adalah salah satu ancaman rambut yang tertinggi ketika sisir tersangkut dan menarik kulit kultiel, ini dapat merusak rambut. Ketika rambut telah disisir dan kulit halus dari kultikel telah rusah, penyisiran selanjutnya adalah penarikan kulit kepala.
Panas adalah penyebab paling nyata untuk rambut kering dan kusut. Panas menghilangkan kelembaban alami rambut yang penting untuk membuat rambut terasa lebat. Pada faktanya, bila penataan rambut menggunakan alat terlalu panas, dapat menyebabkan air dalam rambut mendidih dan membuat gelembung-gelembung panas didalam batang rambut! Ini juga adalah penyebab kerusakan rambut. Dengan mengurangi eksposur alat-alat penata rambut yang menggunakan panas atau menggunakan setting panas yang paling rendah, dapat membuat rambutmu halus, lembut dan terlihat sehat!

Kontrol kerusakan rambutmu!

Lebih mencegah daripada memperbaiki rambut rusak. Sayangnya, ketika kultikel rambut rusak, rambut tidak dapat kembali mejadi 100% seperti semula. Ada kasus dimana setitik pencegahan lebih baik daripada jutaan perbaikan. Setitik pencegahan inilah dimana penggunaan pelembab sangat penting. Struktur internal rambut sangat bergantung pada kaitan sulfur yang kuat dan kaitan hidrogen lemah. Tanpa kelembaban yang cukup, jumlah hidrogen dapat berkurang. Kondisioner mengembalikan kaitan hidrogen dan memperbaiki kelembaban rambut yang rusak dengan cara menjaganya dari cuaca yang keras.
Bahan yang menjadi bintang dalam kondisioner Pantene adalah dimethicone yang telah diberikan muatan positif, sebuan komponen silikon pintar yang memperbaiki tempat-tempat kerusakan rambut. Dimethicone juga melindungi rambut dari kerusakan dengan cara memperkuat rambut dalan penyisiran dan penataan pada kondisi rambut basah maupun kering.
Bahan pelembab rambut lain yang dapat melenghaluskan lapisan luar kultikel mengandung fatty alcohols, yang diketahui dapat menembus dan mengembalikan kelembaban rambut yang rusak.
Memiliki pengetahuan tentang hal-hal yang dapat membuat rambut rusak adalah langkah pertama untuk menjaga keindahan rambut ada. Ini adalah hal-hal yang paling sering menjadi penyebabnya:
  • Tidak mengerti kondisi rambutmu dan menggunakan perawatan dan penataan rambut yang tidak tepat. Ketahuilah kondisi rambutmu untuk mencegah rambut rusak.
  • Mewarnai rambut lebih muda secara berlebihan dapat merusak rambut. Umumnya, dianjurkan untuk tidak mewarnai rambut 2 warna lebih muda atau 2 warna lebih tua dari warna rambutmu sesungguhnya.
  • Tetap memperbaiki kerusakan yang telah terjadi. Kita semua memilihi tragedi dalam menjaga rambut kita, tapi terkadang yang terbaik yang dapat dilakukan adalah membiarkannya tumbuh dari segala macam kerusakan yang telah terjadi, termasuk perwarnaan dan model potong. Daripada membenarkan warna rambut yang salah dengan mewarnainya lagi, dengan sedikit kesabaran akan menghindarkanmu dari penggunakan waktu dan uang yang tidak efektif.
  • Tidak menggunakan pelembab. Amat sangat dianjurkan untuk menggunakan kondisioner setelah keramas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar